yaya

ass,dok saya mau nanya hari minggu kemaren saya habis berhubungan pas saya mau minum pil kb tau tau pil nya hilang 2 butir dok untuk hari minggu dan senin,apa saya bisa hamil dokHi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Pil KB Laktasi " :Menjadi Ibu Menyusui (Busui) terkadang membuat Bunda tidak ‘sebebas’ sebelumnya. Bunda menjadi lebih kuatir terhadap makanan, minuman, bahkan jenis kontrasepsi yang mungkin bisa mengganggu produksi dan kualitas Air Susu Ibu (ASI). Berbicara tentang kontrasepsi, tentunya sedikit banyak Bunda sudah mencari tahu tentang beberapa jenis alat kontrasepsi yang bisa Bunda pilih. Salah satunya adalah Pil KB Laktasi. Apa sih Pil KB Laktasi itu? Apakah benar Pil KB ini aman untuk Busui dan apakah efektif dapat mencegah kehamilan? Yuk simak artikel berikut untuk mendapatkan jawabannya.

Satu Jenis Hormon
Pil KB Laktasi adalah Pil KB yang mengandung satu jenis hormon yang berdosis rendah, yaitu hormon Progesteron. Ini menjadi keunggulan Pil KB Laktasi, karena dengan hanya menggunakan satu jenis hormon, KB ini relatif aman digunakan dalam masa menyusui. Mengapa? Karena dibanding alat kontrasepsi hormonal lainnya, KB ini tidak akan mengganggu produksi dan kualitas ASI. Bagi Bunda yang alergi terhadap hormon Estrogen, Pil KB Laktasi ini juga bisa menjadi pilihan.

Tetapi, apakah satu jenis hormon saja mampu mencegah kehamilan?

Hormon Progesteron (Lynestrenol 0,5mg) yang terkandung di setiap tablet Pil KB Laktasi diharapkan mampu mengentalkan lendir rahim sehingga penetrasi sperma ke dalam rahim terhambat. Hal ini membuat kondisi rahim tidak siap untuk dibuahi sehingga dapat mencegah terjadinya kehamilan. Tetapi tentu saja, Bunda harus mengikuti beberapa petunjuk penggunaannya, seperti Pil KB Laktasi harus diminum setiap hari di waktu yang sama.

Efek Samping
Alat kontrasepsi memiliki efek samping yang berbeda, tak terkecuali Pil KB Laktasi. Efek samping Pil KB Laktasi yang paling sering ditemukan adalah munculnya spotting (bercak darah), siklus menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali, nyeri pada payudara, adanya perubahan mood yang tiba-tiba, rasa mual dan sakit kepala.

Penggunaan periode pertama (1-3 bulan) memang membutuhkan adaptasi. Tidak heran siklus menstruasi Bunda belum normal kembali. Tetapi, bila setelah periode pertama pemakaian Pil KB Laktasi siklus menstruasi Bunda masih belum normal, konsultasikan kepada dokter. Karena bisa saja jenis kontrasepsi ini tidak cocok untuk Bunda. Mintalah dokter untuk mengganti jenis kontrasepsi lain yang lebih cocok dan sesuai dengan kondisi Bunda yang sedang dalam masa menyusui.

Nah, kini Bunda sudah mengenal tentang KB Pil Laktasi yang mungkin cocok untuk Bunda. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Nurbaeti Bintang " dengan judul pertanyaan " Salah hari saat minum pil kb" pada Tanya Bidan:Sore dok, kemarin terakhir saya minum pil kb (mycrogynon) saat masa haid yaitu hari kamis. Kebetulan hari jumat pil saya habis dan lupa beli di apotik. lalu hari jumat saya lupa minum karena ketiduran. alhasil saya baru minum dihari minggu tapi pada saat itu yang saya minum bukan pil di hari jumat dan sabtu. tapi kamis dan jumat. saya salah hari. jadi menurut dokter saya harus lanjut di hari sabtu minggu / langsung minum yang hari minggu senin?? sblmnya thx dok

Bidan menjawab
Dear bunda Nurbaeti Bintang,
Bila terlupa minum pil KB dalam 2 hari, minum dua pil sekaligus dihari bunda ingat dan dua pil lagi keesokan harinya. Dengan cara ini jadwal minum pil KB akan kembali normal. Tetapi bila lupa minum lebih dari 2 hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan agar tidak terjadi kehamilan. Setiap bunda lupa minum pil KB, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi lain seperti kondom saat berhubungan, karena bisa saja saat itu kemungkinan terjadinya ovulasi akan meningkat, sehingga resiko terjadinya kehamilan pun semakin besar.

Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " sartynaarshat " dengan judul pertanyaan " penggunaan pil KB laktasi " pada Tanya Dokter: saya mau tanya dok mengenai penggunaan pil Kb laktasi,,,karena saya masih bingung gimana caranya gunanya,,,apakah dimulai sejak bersih haid?trus daya jg pernah lupa minum tapi cuma 1,5 jam,ketika ingat saya langsung minum.apakah jika saya berhubungan akan terjadi pembuahan karena saya lupa tadi?

dr. Tanti menjawab
Dear bunda,
Cara meminum pil Kb, apabila dalam kemasan disertai 21 pil KB berisi hormon dan 7 pil tablet salut gula tanpa hormon, maka jika Anda meminum setelah haid selesai, mulailah dengan salah satu dari 21 pil KB yang mengandung hormon. Gunakan petunjuk nama hari pada kemasan untuk disesuaikan dengan hari saat Anda meminum pil tersebut. Apabila anda memulai minum pil KB sejak hari pertama menstruasi, maka gunakan pil salut gula (salah satu dari 7 pil tanpa hormon) pada kemasan pil KB tersebut.

Keterlambatan meminum pil KB sebaiknya tidak melebihi waktu 12 jam, agar khasiat kontrasepsi dari pil KB tidak berkurang dan resiko terjadinya kehamilan tidak bertambah besar.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *