Winda Yuliana

Dok kalau kaki bengkak itu kenapa ya dok?
berat badan bayi ideal nya berapa? Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Pembengkakan Kaki Saat Hamil (Edema) " :Seiring bertambahnya usia kehamilan, banyak perubahan fisik yang ibu hamil hadapi. Bunda yang tengah hamil kerapkali mengalami pembengkakan pada kaki yang disebut dengan edema. Sekitar 75% ibu hamil mengalami keluhan ini pada trimester ketiga.

Edema atau pembengkakan pada kaki saat hamil disebabkan peningkatan volume darah selama kehamilan dan tekanan dari rahim yang tumbuh, edema kaki ringan sering terjadi selama kehamilan. Namun, komplikasi serius kehamilan seperti trombosis pembuluh darah dalam dan preeklamsia juga bisa menyebabkan edema.
Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya edema, diantaranya: Berdiri terlalu lama, kelebihan asupan natrium (garam), terlalu banyak mengkonsumsi kafein, kekurangan kalium dan kurang minum air.

Sebenarnya pembengkakan pada kaki saat hamil merupakan kondisi yang normal, namun kondisi ini seringkali dikeluhkan ibu hamil karena mengganggu aktivitas dan penampilan. Lalu apa saja upaya yang dapat dilakukan ibu hamil untuk mengatasi edema?

1.Istirahatkan kaki Bunda dengan posisi yang lebih tinggi.
2.Terapkan pola makan yang baik, seperti perbanyak konsumsi sayur, buah-buahan dan banyak minum (minimal 6-8 gelas sehari).
3.Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein
4.Kurangilah konsumsi kafein dan makanan asin.
5.Jangan melipat atau menyilangkan kaki saat duduk.
6.Pakailah sepatu yang nyaman, jangan menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi.
7.Gunakanlah pakaian yang longgar, hindari mengenakan pakaian yang ketat, agar tidak menghambat sirkulasi dan meningkatkan retensi cairan.

Edema ringan biasa dialami pada kehamilan, terutama pada wilayah kaki dan tangan. Namun Bunda perlu waspada bila edema sudah terjadi di muka, kaki dan kelopak mata, juga disertai sakit kepala. Segera periksakan diri Bunda ke dokter karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala pre-eklamsia.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Putri Pelangi " dengan judul pertanyaan "Berat Badan Janin 22 minggu " pada Tanya Bidan:bu bidan, saya mau tanya, klo usia kehamilan 22 minggu dg berat bayi 4 ons itu normal ga ? kata dokternya trmasuk kecil ukurannya .. pdhl BB saya naik smpe 5 kg ..
trmksh bu ..

Bidan menjawab
Dear bunda Putri Pelangi
Usia kehamilan 22 minggu umumnya berat badan janin sekitar 500 – 600 gram, tapi bunda tidak perlu khawatir karena berat janin masih dapat terkejar, yg terpenting tidak ada kelainan aliran darah dari bunda kejanin. Disarankan tidur dengan posisi miring kesebelah kiri untuk membantu kelancaran aliran darah yg membawa makanan dan oksigen dari bunda untuk janin.

Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " fitri-ferry " dengan judul pertanyaan "Berat badan ideal ibu hamil" pada Tanya Dokter: dok,kini usia kehamilan saya 30minggu,berat badan saya sebelum hamil 41kg,tinggi badan 150kg,sekarang hamil 30minggu berat saya cuma 50kg,apkah berat sya skrng termasuk normal n kira2 brp berat badan bayi saya skrng dok,???

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada umumnya pada kehamilan usia 29-30 minggu, berat badan janin mencapai 1300 gram, panjang 35 cm dan sang ibu mengalami kenaikan berat badan sebanyak 7,7 kg dari berat awal sebelum kehamilan. Angka tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari karakteristik masing-masing individu. Untuk selanjutnya bunda dapat melihat table perkembangan berat badan ibu dan janin pada halaman home website infobunda. http://www.infobunda.com/pages/badan/index.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *