telat 1 hari di Tp (-) negatif

dok. saya haid tgl 2 feb 2017 . kadang siklus says 35 hari . sampai skrg sya blm haid apakah saya hamil dok . tapi di TP hari 1 negatifHi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Tidak Menstruasi Tetapi kok Tidak Hamil? " :Bagi Bunda yang sudah menikah dan mengharapakan kehamilan, terlambatnya menstruasi merupakan tanda yang baik. Tetapi, saat melakukan tes kehamilan ternyata Bunda tidak hamil. Lalu mengapa menstruasi Bunda seringkali terlambat? Bahkan tanda-tandanya persis seperti wanita yang sedang hamil.

Gejala hampir sama
Menstruasi adalah proses keluarnya darah secara rutin dari rahim (uterus) sebagai tanda bahwa uterus berfungsi secara baik. Proses sebulan pematangan telur, pelepasan telur (ovulasi), dan pengelupasan dinding uterus disebut siklus haid. Bila sel telur tidak dibuahi maka akan terbuang dan keluar 14 hari setelah ovulasi (pelepasan telur) yang disebut menstruasi (haid).

Bila sel telur dibuahi sperma maka akan terjadi pembuahan atau kehamilan sehingga menstruasi tidak akan terjadi. Nah, bagi Bunda yang sering terlambat menstruasi setiap bulannya, pasti langsung berpikir Bunda hamil. Apalagi gejala yang terasa, sama seperti layaknya wanita hamil. Gejala tersebut antara lain;
-Payudara terasa bengkak dan nyeri.
-Muncul flek.
-Mood tidak stabil. Kadang merasa sedih, kadang senang.
-Merasa lebih malas.
-Banyak makan sehingga membuat berat badan bertambah.
-Kembung, dan mual.
Nah, gejala-gejala ini seringkali membuat Bunda terkecoh apakah Bunda memang hamil atau Bunda hanya terlambat menstruasi saja.

Tetapi kenapa ya menstruasi Bunda seringkali terlambat?
Siklus Haid
Banyak wanita yang keliru menghitung siklus menstruasi. Sebagian besar wanita menghitung masa menstruasi dengan tanggalan. Bila menstruasi hari pertama tanggal 15 maka diasumsikan menstruasi berikutnya adalah tanggal 15 juga. Padahal, siklus tanggalan demikian tidaklah tepat.

Siklus menstruasi yang teratur berkisar antara 21-30 hari. Tetapi pada umumnya siklus menstruasi adalah 28 hari. Dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Jadi, bukan dari tanggal menstruasi ke tanggal yang sama setiap bulannya. Kalau Bunda hitung seperti itu, bisa jadi Bunda merasa menstruasi Bunda tidak teratur setiap bulan.
Bagi Bunda yang memang ternyata siklus menstruasinya tidak teratur, bisa jadi disebabkan oleh gangguan menstruasi, seperti ;
-Genetik
-Obesitas
-Gangguan hormon

Terapi yang diberikan dokter untuk mengurangi gangguan menstruasi biasanya adalah:
-Terapi non hormon seperti anjuran mengonsumsi karbohidrat dan mineral, pemberian B6, anjuran olahraga, dll.
-Terapi hormon, seperti progesterone, estrogen, danazol, pil kontrasepsi oral, dll.

Bila Bunda merasa gangguan-gangguan ini menyebabkan Bunda sulit hamil. Jangan langsung panik ya, Bun! tetaplah tenang dan segeralah berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat penanganan yang tepat.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " tantia " dengan judul pertanyaan "Telat Haid 4 hari, tespack negatif " pada Tanya Bidan:dok, saya mau tanya, saya sudah teklat haid hampir 2 minggu, apakah saya hamil? tapi pas telat 5hari saya tes hasilnya negatif dan skarang belum saya tespek lagi. payudara saya nyeri sudah seminggu an, badan pegel2 kepala pusing, tapi saya tidak mual2. gimana ya solusinya dok?

Bidan menjawab
Dear Bunda Tanti aprilia zae,
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya keterlambatan haid, dan tidak semuanya mengarah pada kehamilan. Faktor tersebut antara lain adalah masalah kesehatan fisik seperti terlalu capek, kondisi fisik yang tidak fit, serta masalah hormonal, dan penyebab yang cukup mengkhawatirkan adalah adanya penyakit dirahim seperti miom atau kista. Disarankan bunda untuk melakukan rileksasi secara fisik dan mental. Bila siklus haid tidak kunjung datang, lakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan testpack, bila hasilnya tetap negatif sebaiknya periksakan keluhan bunda pada dokter spesialis kebidanan, agar mendapatkan terapi dan tindakan yang sesuai.

Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Bunda Irva " dengan judul pertanyaan "Masa subur" pada Tanya Dokter: dok,, sy mau tanya gimana caranya nentuin masa subur untuk yg punya siklus haed gak teratur..?? terus info yang saya baca lendir serviks akan berubah saat masa subur.. bening dan molor kalau diitung siklus 32harii seharusnya sy sudah msuk masa subur dok,, tpii kk sy belum dpt ciri" lendir serviks tersebut. apa tidk semua wanita bsa dibuktikan semacam itu atau gmn bund.. sy kebngungan menghitung masa subur.. terimakasih dok..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari.Contohnya apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18 akan menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 menentukan hari terakhir masa subur. Pada siklus tidak teratur maka:
Awal masa subur = Jumlah hari terpendek selama 6 siklus – 18
Akhir masa subur = Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus -11

Untuk mengetahui hari tepat jatuhnya masa subur memang sangat sulit, maka itu dihitunglah perkiraan masa subur seperti dijelaskan di atas. Lendir serviks saat masa subur memang berubah menjadi lebih elastis namun harus Bunda bandingkan dari hari ke hari. Bunda dapat menggunakan alat bantu untuk menentukan masa subur dengan menggunakan air ludah ataupun air seni. Penggunaan metode test pack untuk menentukan masa subur ini harus digunakan setiap hari, karena alat ini mendeteksi perubahan hormonal yang terjadi dan dengan cara membandingkan dari hari ke hari tidak hanya pada satu hari atau seketika saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *