tdak mual2

maaf bu sy mau tya…saya hamil anak 1 dah umur 6 mgg tp tdk mengalami mual2 atau peka terhadap bau tertentu itu wajar kan ..Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Normalkah Hamil Tanpa Keluhan? " :Kehamilan merupakan anugerah yang tak terhingga, khususnya untuk Bunda yang memang mendambakan kehadiran buah hati. Untuk Bunda yang sudah dinyatakan positif hamil, selamat ya!

Umumnya, karena perubahan hormon Bunda hamil akan mengalami masa morning sickness, yaitu masa di mana Bunda akan merasa mual, tidak nafsu makan dan muntah. Biasanya morning sickness terjadi pada trimester pertama.

Selain morning sickness, Bunda hamil akan mengalami beberapa keluhan, seperti: sakit punggung, sakit tulang ekor (skiatika), kulit menjadi hitam di beberapa area terutama payudara, kaki bengkak, dll.

Tetapi bagaimana bila Bunda tidak mengalami keluhan-keluhan ini? Apakah normal?

Tidak Semua Sama
Perubahan kadar hormon setiap bunda hamil berbeda satu dengan lainnya. Tidak heran bila ada Bunda yang tidak mengalami keluhan-keluhan itu.

Bila ditanya apakah normal? jawabannya adalah normal karena kadar hormon yang berbeda. Tetapi ada beberapa pendapat lain yang menjawab iya dan tidak. Tingginya tingkat hormon merupakan penyebab utama dari morning sickness, sekaligus sebagai tanda bahwa kehamilan bergerak ke arah yang baik. Tetapi bukan berarti yang tidak mengalaminya akan mengalami masalah janin.

Cukupi Nutrisi
Jadi Bunda tak perlu kuatir bila tidak mengalami keluhan-keluhan selama kehamilan. Baik atau buruknya pertumbuhan janin ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya nutrisi. Cukupi kebutuhan nutrisi harian Bunda. Jangan lupa untuk melakukan rileksasi dan olahraga rutin setidaknya dua kali seminggu.

A Happy Mommy makes a Happy Baby!

Tips: Walapun tanpa keluhan, Bunda harus tetap secara rutin melakukan ANC (Ante Natal Care) atau pemeriksaan kehamilan. Lakukan minimal empat kali selama masa kehamilan.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " nelly sihombing " dengan judul pertanyaan " hamil tapi tidak mual-mual" pada Tanya Bidan:dokter, ini kehamilan pertama saya..usia kehamilan saya bar 8 minggu tapi kenapa saya gak mual,muntah dan pusing seperti yg banyak org rasakan ya dok??? apakah ini normal??
trus mulai usia kandngan berapa boleh minum susu hamil???dan seberapa pentingnya susu hamil?? terimaksaih banyak dokter atas jawabannya.

Bidan menjawab
Dear Bunda nelly sihombing (angeli),
Pada umumnya rasa mual dirasakan pada kehamilan yang disebabkan terjadinya perubahan hormonal pada tubuh ibu hamil. Namun apabila anda tidak merasakannya, bukan suatu masalah. Mengkonsumsi susu ibu hamil dapat dilakukan pada usia kandungan berapa saja, tidak ada batasan tertentu. Semakin dini akan semakin baik dalam mempersiapkan nutrisi yang baik bagi kehamilan anda.

Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Abigail Selvia " dengan judul pertanyaan " Hamil Muda tidak mual " pada Tanya Dokter: Selamat pagi dok, saya Abigail. Saya mau nanya, saya hamil muda sktr 5 minggu tapi kehamilan saya tidak pernah merasa mual/moringsickness itu normal kan dok?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Morning sickness (mual & muntah, atau mengidam) sering terjadi pada awal kehamilan (sekitar minggu ke-6 sampai minggu ke-12 kehamilan). Rasa mual ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil. Pada dasarnya, morning sickness tidak berbahaya bagi ibu dan janin, namun Anda harus segera menemui dokter atau bidan Anda bila terjadi mual dan muntah sampai menyebabkan hambatan pada asupan nutrisi dan cairan (selalu muntah ketika makan dan minum). Bila ibu hamil tidak merasakan mual atau mengidam hal tersebut dapat dikarenakan oleh tubuh ibu hamil yang dapat beradaptasi dengan baik sehingga peningkatan kadar hormon pada awal kehamilan tidak menimbulkan keluhan mual pada dirinya. Ada juga situasi yang jarang terjadi yaitu kadar hormonal sangat rendah sehingga tidak menimbulkan rasa mual. Bunda tidak perlu khawatir bila keadaan Bunda dan janin sehat. Untuk selalu memastikan bahwa kehamilan Bunda sehat maka lakukan pemeriksaan kehamilan/ Antenatal Care/ ANC secara teratur. Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *