tanya obat

dok saya sedang hamil 8bulan dan terkena mastitis..saya di beri obat oleh dokter bedah yaitu ketoprofen,methylprednisolone,clyndamicyn..amakah untuk kandungan saya?terimakasiHi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Kenali Dua Jenis Kanker Musuh Wanita! " :Siapa sih yang tidak tahu betapa bahayanya penyakit kanker? Penyakit ini terkenal paling sering mematikan pasiennya. Dari sekian banyak jenis kanker, ada dua yang paling sering menyerang wanita, yakni kanker serviks dan kanker payudara. Sebagai wanita Bunda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya supaya terhindar dari dua penyakit yang paling ditakuti wanita ini.

Kanker Serviks
Kanker serviks adalah kanker mulut rahim yang 99,7% disebabkan HPV (Human Papilloma Virus). Tidak semua HPV menimbulkan kanker serviks. Ada yang hilang dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh, ada yang berkembang menjadi kanker serviks. Di Indonesia tercatat lebih dari 15.000 kasus terjadi setiap tahunnya. Selain HPV kanker serviks disebabkan karena radiasi atau pencemaran bahan kimia.
Mengingat kematian yang disebabkan kanker serviks terus meningkat, Bunda perlu melakukan upaya pencegahan, seperti :
• Konsumsi pola makan 4 sehat 5 sempurna. Asam folat dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks.
• Hindari merokok dan tempat-tempat yang penuh asap rokok.
• Melakukan hubungan badan hanya pada satu orang saja.
• Bagi yang sudah menikah khususnya bila usia di atas 35 tahun lakukan tes papsmear secara rutin setiap tahun untuk mendeteksi dini adanya kanker serviks.
• Bila memiliki budget lebih lakukan vaksin kanker serviks (bisa diberikan untuk remaja yang belum menikah).

Kanker Payudara
Seperti namanya, kanker payudara adalah kanker yang menyerang payudara. Umumnya berupa benjolan di payudara yang tidak terasa sakit apabila disentuh dan ditekan. Awalnya benjolan ini terasa kecil namun semakin lama akan semakin membesar. Penyebab pasti kanker payudara sampai sekarang belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko kanker payudara seperti faktor genetik, penggunaan hormon estrogen dalam jangka waktu lama, obesitas, konsumsi lemak berlebihan.
Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin setelah menstruasi. Caranya dengan memijat, meraba dan melihatnya apakah ada yang mencurigakan. Rabalah sampai ke ketiak. Bila ditemukan benjolan dan tidak terasa nyeri segera lakukan pengecekan ke dokter.

Tips :
– HPV bisa berpindah melalui kloset umum. Pastikan Bunda membersihkan kloset umum sebelum menggunakannya.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " baiqsri(4) " dengan judul pertanyaan " hamil minum obat methylprednisolone" pada Tanya Bidan:ass.wr.wb
bu bidan..
saat ini saya hamil 27week, sejak 4 hari yg lalu sakit infeksi ginjal saya kambuh, bengkak pada bibir kemaluan, dokter nganjurin minum obat methylprednisolone 16mg 3×1,
pertanyaannya..
1.apakahdosis dan obat tsb aman bg janin saya?
dan efeknya tdak mngenai janin sy.
dtunggu jwbnx y bu bidan.
terimakasih.

Bidan menjawab
Wa’alaykumussalam bunda Baiqsri,
Methylprednisolone termasuk jenis obat kortikosteroid atau yang lebih dikenal dengan istilah steroid, fungsinya untuk menekan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi gejala peradangan seperti pembengkakan, nyeri dan ruam.penggunaan methylprednisolone aman diberikan pada saat bunda sedang hamil, dosisnya biasanya sesuai dengan kebutuhan dan anjuran dokter.

Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mydhe2 " dengan judul pertanyaan "Bengkak pada payudara (mastitis) " pada Tanya Dokter:Pagi dokter,, saat ini saya sedang menyusui bayi saya yang baru berusia 1bln 7hr(anak pertama). Sudah hampir 1bln puting saya yang kanan luka dan tidak sembuh padahal saya sering mengolesinya dengan asi. Sekarang payudara saya yang kanan berubah kemerahan dan mengeras dok. Sebelumnya saya menggigil dan panas tinggi. Apa ini yang disebut mastitis dok? Karena rasanya sangat nyeri dan panas seperti terbakar. Apa ini berbahaya dan Bagaimana penanganannya? (saya sudah minum amoxicilin dan asam mefenamat-tidak ada perubahan)

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Bunda dapat memulai menyusui pada payudara yang sehat, lalu dilanjutkan dengan payudara yang sedang bermasalah, sebelumnya kompres dengan handuk dan air hangat untuk meringankan sakit dan memperlancar ASI pada payudara tersebut. Sebaiknya Bunda tidak melewatkan waktu menyusui dan tetap memberikan susu kepada bayi Anda agar tidak terjadi penumpukan ASI yang dapat menyebabkan mastitis yang lebih lanjut nantinya. Sebaiknya Bunda memeriksakan kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *